0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Saat-saat Terakhir Menjabat, Jokowi Tanda Tangani Kerjasama

Walikota Solo Joko Widodo bersama dengan Walikota Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat menandatangani kerjasama antara Pemkot Solo dan Pemkot Yogyakarta. (timlo.net - dhefi)

Solo – Di masa-masa terakhirnya menjabat sebagai Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemkot Yogyakarta. Kerjasama tersebut terjalin untuk meningkatkan hubungan dua kota di bidang pariwisata, budaya, transportasi dan pendidikan.

Secara geografis, jarak antara Solo dan Yogyakarta tidaklah jauh. Diharapkan, dua daerah tersebut mampu berbagi keuntungan dari potensi yang dimiliki masing-masing kota.

“Sekarang ini sudah tidak ada lagi sekat antara Jogja dan Solo. Secara riil di lapangan kerjasama sebenarnya sudah terjalin. Tinggal support dari pemerintah saja,” kata Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Senin (1/10).

Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi perhatian kerjasama dua kota yang berlatar belakang budaya yang sama tersebut. Di bidang transportasi, baik Pemkot Jogja maupun Solo akan mengoptimalkan intermoda transportasi yang menghubungkan dua kota sehingga akses menuju masing-masing kota menjadi lebih mudah.

Untuk wisata dan budaya, diupayakan untuk membuat kalender budaya dan event-event yang saling bersinergi. “Harapannya wisatawan Yogkakarta bisa singgah di Solo, begitu juga sebaliknya,” tambahnya.

Sementara, Jokowi mengungkapkan, rencana kerjasama dua kota sebenarnya sudah mengemuka sekitar 1,5 tahun lalu. Hanya, baru kali ini terealisasi. “Pokoknya yang riil. Saya ingin kerjasamanya yang konkrit,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge