0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak Orang Miskin Pandai, Kuliah Dibiayai Pemkab sampai Wisuda

Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, ketika melantik pejabat struktural dan kepala sekolah di lingkungan Pemkab Sragen. (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Mencerdaskan bangsa adalah tugas yang tidak pernah akan selesai. Ini adalah tugas para guru, kepala sekolah dan Dinas Pendidikan. Hal tersebut di sampaikan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, di hadapan kepala sekolah, pengawas sekolah dan pejabat struktural lainnya dalam acara Pelantikan Kepala Sekolah dan Pejabat Struktural di Pendopo Sumanegaran, Sabtu (29/30).

Bupati meminta agar mereka yang baru dilantik juga dapat memperhatikan anak-anak yang berasal dari keluarga miskin. Keberpihakan Pemkab Sragen terhadap kaum miskin sudah jelas dengan dibentuknya Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK). Menurut Bupati, memberi perhatian kepada kaum miskin bukan berati menghidupi atau menggaji mereka, tetapi dengan cara memberikan jalan kemudahan bagi mereka.

Salah satunya adalah memberikan kepada 32 mahasiswa anak-anak dari keluarga miskin di Sragen untuk belajar di universitas negeri yang biayanya melalui APBD perubahan. Jumlah tersebut menurut bupati bakal bertambah lagi nanti di penetapan APBD 2013.

Pokoke angger anak wong ora nduwe, pinter, ketompo neng universitas negeri. Pemkab Sragen akan membiayai mereka sampai wisuda,” katanya.

Namun di sisi lain Bupati menegaskan, para mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliahnya atas biaya pemerintah tidak boleh berharap pemerintah bakal mencarikan pekerjaan buat mereka. Bahkan Bupati mengharapkan mereka harus ke luar dari Sragen pergi ke kota besar seperti Jakarta untuk bertarung menjadi menteri atau presiden kalau perlu.

“Mereka sudah dipinterke, tapi kalau hanya pinter di sragen tidak ada gunanya. Mereka harus bertarung di Jakarta sana, di kota-kota besar. Kalau perlu jadi menteri atau ikut bertarung untuk jadi presiden,” ujar Bupati.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge