0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Depan, BLH Ambil Alih Perawatan Taman

Dok.Timlo.net/daryono
Kabid Penanggulangan Kerusakan Lingkungan dan Konservasi Sumber Daya Alam BLH, Luluk Nurhayati ()

Solo – Tahun depan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Solo bakal mengambil alih pengelolaan taman dari tangan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Hal ini agar perawatan taman-taman yang sudah dibuat tidak terbengkalai.

Kabid Penanggulangan Kerusakan Lingkungan dan Konservasi Sumber Daya Alam BLH, Luluk  Nurhayati mengatakan pihaknya belajar dari pengalaman yang sudah -sudah. Selama ini taman-taman yang dibuat terbengkalai dan merana. “Belajar dari itu, tahun 2013, pengelolaan taman akan diambil oleh BLH,” ujar Luluk kepada wartawan, Senin (1/10).

Luluk menjelaskan perawatan memang seharusnya menjadi tanggungjawab DKP. Hanya saja karena keterbatasan dana dan sumber daya manusia (SDM) maka taman-taman sering tidak terurus. “Kami sudah mengajukan  anggaran untuk beberapa taman antaralain Taman Sekartaji, Taman Tempuran, Taman P2KH,  Taman Air Tirtonadi dan urban forest,” terang Luluk.

Sayangnya Luluk tidak hafal besaran anggaran yang diajukan. “Saya tidak hafal angkanya. Hanya kami mengajukan anggaran untuk perawatan taman seperti listrik untuk penerangan taman, untuk penyiraman, ndangir-ndangir. Mungkin per taman sekitar 5 juta,” katanya.

Ditambahkan, selain merawat taman yang ada, BLH juga terus menggerakkan program one billion Indonesia Trees (OBIT) atau gerakan penanaman 1 miliar pohon. Selain itu juga menambah luasan ruang terbuka hijau (RTH) yaitu dengan menanami lagi RTH yang ada.

Sedangkan dari sisi regulasi, saat ini pihaknya sedang mengajukan Raperda RTH. “Ini baru diajukan naskah akademik (NA) nya. Isinya mengatur segala sesuatu tentang RTH, misalnya peruntukan RTH, dimana saja lokasinya, termasuk masterplan RTH sampai 20 tahun mendatang,”tukasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge