0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proyek Jembatan Abang Gunakan Dana Talangan

Proyek pengerjaan Jembatan Abang di Dukuh Lumbung, Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten (dok.timlo.net/indratno eprilianto)

Klaten — Proyek pengerjaan Jembatan Abang di Dukuh Lumbung, Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten hampir rampung. Hanya saja pengerjaan sempat tersendat lantaran terkendala biaya. Warga terpaksa menggunakan dana talangan guna mempercepat penyelesaian tahap akhir.

“Sebenarnya anggaran bantuan sebesar Rp100 juta dari APBD mencukupi untuk menyelesaikan pengerjaan jembatan. Hanya saja dana itu baru cair separoh. Jadi untuk kekurangannya kami terpaksa menggunakan dana talangan,” ujar Kepala Desa Bolopleret, Catur Joko Nugroho, Senin (1/10).

Catur menjelaskan, pengerjaan Jembatan Abang sudah 90 persen dan memasuki tahap akhir, yakni pengecoran permukaan jembatan dan pemasangan pagar pengaman pada sisi kiri dan kanan jembatan. Hanya saja untuk sementara pengerjaan dihentikan hingga menunggu proses pengeringan pada permukaan jembatan.

“Pengerjaan dengan melibatkan gotong-royong warga akan kembali dilanjutkan mulai Kamis (4/10) mendatang. Dan pekan depan kemungkinan jembatan sudah jadi dan siap difungsikan,” kata Catur.

Catur menerangkan, Jembatan Abang dibangun dengan lebar tiga meter dan panjang 15 meter. Jembatan yang pernah ambrol beberapa tahun lalu itu merupakan akses penghubung tiga desa yakni Desa Bolopleret, Desa Taji dan Desa Tlogorandu.

“Dengan adanya jembatan yang baru itu diharapkan bisa membanu kelancaran roda perekonomian warga sekitar,” jelasnya.

Camat Juwiring, Joko Hendrawan, mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan mulai pembangunan awal hingga proses finishing. “Tidak masalah menggunakan dana talangan. Yang penting jembatan bisa cepat jadi dan segera difungsikan. Memang jika menunggu dana bantuan harus bersabar, sebab pencairannya bertahap,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge