0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kapolres Boyolali:

Antisipasi Terorisme, Siskamling Dihidupkan Lagi

Seminar dan sosialisasi yang digelar Dirjen Kesbangpol Kementrian Dalam Negeri bekerjasama dengan LSM Peduli Bangsa di Gedung Singosewayan, Boyolali, Senin (1/10) (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Maraknya aksi terorisme akhir-akhir ini menjadi tanggung jawab semua elemen, termasuk di dalamnya adalah masyarakat. Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam memerangi aksi terorisme. Hal tersebut diungkap dalam seminar dan sosialisasi yang digelar Dirjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan LSM Peduli Bangsa, di Gedung Singosewayan, Boyolali, Senin (1/10).

Menurut Ketua LSM Peduli Bangsa, Nur Hasan, perlu langkah deradikalisasi, baik yang dilakukan pemerintah maupun masyarakat. Pendekatan keamananan pemerintah menurut dia, harus dibarengi dengan inisiatif pendekatan sosial kemasyarakatan. Langkah ini menurut dia demi melindungi generasi muda dari pola-pola rekruitmen terorisme, yang saat ini sasarannya malah anak SMP maupun SMA.

“Peran masyarakat sangat penting, apalagi kemarin kan ada salah satu pelaku terorisme di Solo yang merupakan warga Musuk, Boyolali, maka perlu kewaspadaan bersama dalam menangkal terorisme,” tandas Nur Hasan.

Masyarakat perlu mewaspadai jika ada orang asing yang masuk ke lingkungan, apalagi jika orang baru tersebut tidak pernah ikut rapat RT atau jarang bergaul dan seringkali meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Termasuk jika ada warga baru atau lama yang sering ada tamu pada tengah malam.

Kapolres Boyolali AKBP Budi Hariyanto, menjelaskan, beberapa langkah antisipasi perlu dilakukan dalam memerangi terorisme, salah satunya dengan menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) yang sudah ada.

“RT dan tokoh masyarakat supaya ikut memantau tempat kos, warga baru, baik yang berperilaku biasa maupun yang aneh-aneh, serta melibatkan generasi muda dalam kegiatan yang berkaitan dengan bela negara,” imbuh Kapolres.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge