0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kutu Putih Serang Tanaman Singkong

Hama kutu putih menyerang tanaman singkong di Mojosongo, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali —  Musim kemarau ternyata berdampak pada munculnya hama tanaman, kutu putih. Hama ini menyerang tanaman singkong khusus untuk bahan bakar bio etanol di Mojosongo, Boyolali. Kutu putih sebelumnya pada tahun 2009 menyerang tanaman pepaya hingga ludes. Hama ini belum ada obatnya.

Tanaman singkong yang terserang hama kutu putih akan lambat pertumbuhannya. Pasalnya, hama ini lebih banyak menyerang pada bagian tunas daun muda. Pucuk daun muda yang diserang kutu putih, daunya akan keriting dan putus bila gerombolan hama ini dalam jumlah banyak.

Menurut salah satu pekerja, Hasan Dinomo, hingga saat ini belum ada pestisida yang bisa membasmi kutu putih. Dulu, menurut Hasan, yang pernah menanam pepaya dan habis diserang hama kutu putih,upaya yang dilakukan dengan menyemprot menggunakan air sabun.

“Dulu waktu pepaya, kita gunakan air sabun, kalau yang ini tidak tahu, sampai sekarang belum ada obatnya,” papar Hasan ditemui di kebun singkong, Senin (1/10).

Di sisi lain, salah satu petani, Sugiman mengungkapkan, keberadaan kutu putih muncul seiring dengan musim kemarau panjang ini. Selain juga akibat kesulitan air. Diakui Sugiman, bibit tanaman singkong banyak yang kurang baik.

”Bibitnya juga banyak yang kurang baik, selama musim kemarau ini batang pohon yang terserang hama kutu putih makin banyak,” imbuh Sugiman.

Sementara Assisten 2 Pemkab Boyolali, Djuwaris, mengakui kemunculan hama kutu putih bersamaan dengan musim kemarau. Untuk pencegahan, pihaknya mengimbau petani untuk menyemprot dengan air sabun.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge