0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kecanduan Gadget Elektronik pada Anak Termasuk Penyakit Mental?

Warnet dan game online (Ilustrasi) (dok.timlo.net/achmad khalik)

Timlo.net —  Orangtua sering senewen dan khawatir melihat anak-anak mereka menghabiskan waktu seharian bermain komputer atau menjelajahi Internet baik lewat laptop, komputer atau HP (handophone). Kekhawatiran para orangtua ini wajar. Bahkan menurut sebuah penelitian terbaru, anak-anak yang kecanduan untuk menggunakan peralatan elektronik mereka mungkin menderita “internet-use disorder”, atau gangguan penggunaan internet yaitu sebuah penyakit mental serius yang baru saja ditemukan.

Para ahli psikologi berdebat bila kecanduan video game dan Internet memiliki karakteristik yang sama dengan kecanduan lain, termasuk kerusakan emosi, konsentrasi yang kurang dan menarik diri dari interaksi sosial jika peralatan gadget mereka seperti komputer, laptop, Xbox, iPhone, iPad, dll diambil.

Ciri-ciri lain dari anak dengan masalah ini adalah berkurangnya interaksi sosial dengan keluarga dan malas makan.

Seperti diberitakan oleh the Sydney Morning Herald, para ahli psikologi menyarankan untuk menyertakan kecanduan baru ini dalam buku manual para psikiatrik tingkat dunia. Dan rupanya saran ini disambut dengan baik oleh para psikolog profesional Australia karena terjadi sebuah gelombang peningkatan jumlah anak-anak yang tidak pernah lepas dari gadget mereka di Australia.

“Untuk anak-anak, bermain game adalah sebuah masalah yang jelas. Tapi secara keseluruhan, penggunaan teknologi bisa menjadi sebuah masalah potensial,” kata Mike Kyrios, profesor psikologi.

Para ahli Australia yang setuju dalam penyertaan kecanduan baru ini ke dalam buku manual internasional berkata bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut  sehingga mereka bisa mendiagnosa secara formal anak-anak dengan kecanduan ini serta perawatan apa yang tepat untuk mereka.  Pendapat mereka juga didukung oleh Kyrios yang berpendapat bahwa para ahli perlu berinvestasi dalam penelitian terhadap masalah ini.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge