0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Disetujui DPRD, PKMS Kader Tetap Dilanjutkan

Sekda Kota Solo, Budhi Suharto (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Meski mendapat ketidaksetujuan kalangan Dewan, Pemkot Solo tetap akan menerapkan program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Kader yang dikhususkan bagi Ketua RT, Ketua RW dan Kader Posyandu pada 2013 nanti. Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budhi Suharto, Senin (1/10) di Gedung Dewan.

Keseriusan Pemkot itu terbukti dengan telah dimasukkannnya anggaran sebesar Rp 23 miliar untuk program PKMS Silver, Gold, dan Kader dalam Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran (KUA PPA) 2013. “Sudah kami masukkan anggarannya, Rp 23 miliar. Itu untuk PKMS semuanya, termasuk PKMS khusus bagi Ketua RT dan Ketua RW. Jadi kami berencana program ini diterapkan tahun depan,” ujar Sekda.

Dikatakan, program PKMS Kader itu direncanakan untuk memberikan apresiasi kepada kinerja dari RT dan RW dalam pemberikan pelayanan kepada warganya. Seperti diketahui, tugas dari para ketua RT maupun RW adalah membantu pemerintah dalam mengurus administrasi masyarakat. “Itu sebabnya, menurut kami perlu adanya apresiasi, tugas mereka kan juga berat,” ujarnya.

Hanya saja, ketika disinggung mengenai konsep pemberlakuan program tersebut, pihaknya belum bisa menjelaskan lebih rinci. Bahkan saat ini masih dilakukan analisa lebih lanjut mengenai urgenitas program itu untuk segera dilaksanakan. “Yang jelas ini kan baru sebatas wacana. KUA-PPA juga hanya sebatas perecanaan saja, jadi masih perlu dibahas,” lanjut Budi.

Mengenai analisa tersebut, Budi menargetkan November nanti sudah selesai dilakukan. Dari situ, setidaknya Desember sudah bisa ditentukan secara makro. “Sehingga ketika APBD 2013 ditetapkan, kami sudah memiliki konsep dan melaksanakannya di tahun 2013,” jelasnya.

Ditambahkan, analisa tersebut akan dilakukan oleh tim khusus yang terdiri atas tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Di antaranya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kesehatan Kota (DKK) dan Sekretariat Daerah (Setda).

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge