0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! Daftar Karbohidrat Tidak Sehat

Jus kesehatan yang ditawarkan KSPH (dok.timlo.net/humas ksph)

Timlo.net — Di tengah-tengah maraknya orang melakukan diet rendah karbohidrat, beberapa orang tidak mengetahui fakta bahwa banyak makanan merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Karbohidrat baik ini dikenal juga sebagai karbohidrat kompleks, kaya akan serat, penuh nutrisi dan baik untuk menyeimbangkan gula darah.

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan atau hanya ingin menjaga berat badan, beberapa sumber karbohidrat seperti gandum utuh dan beberapa buah serta sayuran akan baik untuk Anda. Menurut Reader’s Digest dilansir oleh livestrong.com, perbedaan antara karbohidrat baik dan karbohidrat buruk adalah karbohidrat buruk terdiri dari tepung putih, gula buatan dan beras putih.

Berikut beberapa makanan sumber karbohidrat buruk:

Roti putih

Terbuat dari tepung putih, roti putih adalah sumber utama dari karbohidrat buruk. Karbohidrat sederhana bisa menyebabkan fluktuasi dalam gula darah, juga membuat orang ketagihan karbohidrat atau gula. Cobalah mengganti roti putih dengan roti dari gandum utuh.

Soda dan Jus

Ternyata soda dan jus yang mengandung banyak gula merupakan sumber karbohidrat sederhana. Bahkan jus buah, yang memiliki reputasi baik ternyata tinggi kandungan karbohidrat sederhana. Sebagai alternatifnya, disarankan memakan buah utuh dibanding minum jus buah. Dan minum air putih di sela-sela makan dibandingkan minum soda.

Permen dan Kue

Permen dan kue yang tinggi gula dan tepung putih jelas mengandung karbohidrat sederhana. Selain itu kedua makanan ini tinggi kalori dan rendah kandungan nutrisi. Saat Anda hendak makan kedua produk ini lihat label bahan-bahannya dan waspadailah beberapa kandungan gula seperti sukrosa, fruktosa, maltose dan sirup jagung.

Beras putih

Nasi putih mengandung karbohidrat sederhana. Alternatif beras putih yang mengandung karbohidrat kompleks adalah beras merah. Beras merah tidak diproses, dan menawarkan manfaat nutrisi seperti kaya serat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge