0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Percontohan, KPPN Surakarta Beri Layanan Lebih Cepat

LAYANAN KPPN-Suasana pelayanan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta mulai Senin (1/10), siap memberikan pelayanan lebih cepat kepada setiap satuan kerja. Hal ini seiring dengan diimplementasikannya KPPN Percontohan Tahap VI yang diharapkan mampu menjadi jaminan atas peningkatan kualitas layanan publik.

Sebagai ujung tombak Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN), dikatakan Kepala DJPBN Jawa Tengah, Bjardianto Pujiono, KPPN memiliki peran penting dalam pengelolaan keuangan negara. Di antaranya memberikan pelayanan pencairan dana APBN bagi seluruh satuan kerja, termasuk penyusunan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN.

“Dengan didasari peran strategis inilah DJPBN bertekad dan berupaya memberikan pelayanan yang cepat, tepat, akurat, tanpa biaya dan dengan penyelesaian proses bisnis yang transparan,” ungkap Bjardianto Pujiono, saat menyampaikan sambutan dalam acara Soft Launching Operasionalisasi KPPN Percontohan, di kompleks KPPN Surakarta, Senin (1/10).

Pembentukan KPPN Percontohan sendiri, kata Bjardianto, didasari adanya keinginan penyederhanaan dalam proses penyelesaian pekerjaan serta perubahan kultur dan pola pikir pegawai. Dengan reformasi birokrasi ini, penerbitan surat perintah pencairan dana (SP2D) belanja nonpegawai yang sebelumnya memakan waktu satu hari, kini dapat diselesaikan hanya dalam waktu satu jam.

“Namun perlu diketahui, walaupun pada hari ini dilakukan launching, sebenarnya sejak 2009 lalu KPPN telah melaksanakan standar prosedur operasi sebagai KPPN Percontohan,” tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan Surat Keputusan DJPBN Nomor KEP-163/PB/2012 tentang KPPN Percontohan, di lingkup Kanwil DJPBN Jawa Tengah tercatat ada 13 KPPN yang ditetapkan sebagai KPPN Percontohan. Di antaranya Surakarta, Pati, Kudus, Pekalongan, Tegal, Purwokerto, Magelang, Sragen, Klaten, Purwodadi, Purworejo, Banjarnegara dan Cilacap.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge