0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rapat Paripurna Harus Dihadiri Miniman 30 Dewan

Besok, Persetujuan Pengunduran Jokowi Dikirim ke Gubernur

(ilustrasi) Sidang di DPRD Surakarta (Dok.Timlo.net/ Iwan Kawul)

Solo — Rapat Paripurna DPRD Surakarta dengan agenda persetujuan pengunduran diri Walikota Joko Widodo yang akan digelar malam ini [Senin (1/10) malam], harus dihadiri 3/4 dari 40 anggota Dewan. Selain persetujuan pengunduran diri walikota, rapat itu juga akan mengusulkan pengangkatan Wakil Walikora FX Hady Rudyatmo sebagai Walikota Solo menggantikanm Jokowi setelah dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Wakil Ketua Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Supriyanto menjelaskan, sesuai Tata Tertib DPRD No 1 Tahun 2009, Rapat Paripurna harus dihadiri minimal tiga perempat (3/4) dari total anggota Dewan. “Jadi minimal harus dihadiri 30 legislator. Total anggota DPRD Kota Surakarta ada 40 orang,” jelasnya, Senin (1/10) saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara untuk persetujuan hasil Rapat Paripurna harus disetujui 2/3 dari anggota yang hadir. “Jika nanti yang hadir 30 anggota maka dibutuhkan persetujuan 20 anggota,” bebernya.

Selain dihadiri anggota legislatif, Rapat Paripurna akan dihadiri unsur eksekutif. “Walikota harus hadir karena nanti akan ada sambutan walikota,” ujarnya.

Hasil Rapat Paripurna selanjutnya akan disampaikan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jateng. Menurut Supriyanto, hasil rapat rencananya disampaikan ke Gubernur besok Selasa (2/10). “Akan diantar besok, Sekretariat Dewan yang akan mengantar ke Gubernur,” imbuh Supriyanto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge