0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ada yang Dihilangkan 1 BIji Testisnya

Hati-hati Beli Hewan Korban!

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan pada Disnakperla Wonogiri, Gatot Siswoyo (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri mengindikasi ada permainan tidak sehat dari pedagang hewan kurban. Pada salah satu biji scrotum (testis) hewan sengaja dihilangkan untuk mempercepat pertumbuhan tubuh hewan.

Dengan menghilangkan salah satu biji scrotum, hormon bagi pengadaan sperma akan dialihkan ke penambahan pertumbuhan. Dengan begitu berat badan hewan ternak akan cepat bertambah.

“Otomatis seperti itu, berat menjadi cepat bertambah, sebab hormon lebih terkonsentrasi ke pertumbuhan, tapi tolong diperhatikan secara kaidah agama hal tersebut tidak dibenarkan. Menurut pengetahuan yang saya peroleh hal itu menyalahi syariat agama jika hewan akan dijadikan kurban,” terang Kepala Bidang (Kabid) Peternakan pada Disnakperla Wonogiri, Gatot Siswoyo mewakili Kadinas Rully Pramono Retno kepada Timlo.net, di Ruang Lobby Setda, Senin (1/10).

Berdasarkan pengalamannya, pada tahun-tahun sebelumnya saat dilaksanakan pemeriksaan hewan kurban pada sejumlah pedagang dadakan, ternyata banyak didapati hewan kurban yang dihilangkan salah satu biji testisnya.

Untuk tahun ini, disebut Gatot, indikasi kecurangan seperti itu tetap saja ada. Dan biasanya dilakukan pedagang hewan kurban dadakan di pinggir jalan, bukan yang di pasar hewan.

“Tapi saat ini belum ada pedagang dadakan, kemungkinan baru akan mulai muncul sekitar dua pekan sebelum Idul Adha. Dan kalau menjelang saat-saat itu kami akan melaksanakan pemeriksaan keliling ” ujar Gatot.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge