0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kirim Surat ke DPRD Surakarta

Jokowi Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri

Walikota Solo Joko Widodo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Surat pengajuan pengunduran diri Walikota Solo Joko¬† Widodo (Jokowi) dikirim, Senin (1/10) ini. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budhi Suharto akan mengirimkan surat tersebut ke DPRD Kota Surakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Sekda menjelaskan, penyampaian surat pengunduran diri tersebut menindaklanjuti turunnya Berita Acara KPUD DKI Jakarta yang telah menetapkan Jokowi sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta yang memperoleh suara terbanyak dalam Pilgub baru-baru ini. “Sebenarnya ini masih dalam waktu masa sanggah. Tapi untuk mempercepat proses pengajuan sampai pelantikan, kami berinisiatif mengajukan surat pada dewan (DPRD),” katanya kepada wartawan.

Meski sudah mengirimkan surat pengunduran dirinya, namun jabatan Jokowi sebagai walikota tetap melekat sampai dengan turunnya jawaban dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). “Menunggu keputusan dari Mendagri, selanjutnya akan diplenokan oleh DPRD,” tambah Sekda.

Di satu sisi, meski secara resmi keputusan pengunduran diri tersebut sudah ditetapkan oleh Mendagri, pemilihan wakil walikota (Wawali) tidak dilakukan secara terburu-buru. “Pada prinsipnya, pengisian jabatan Wawali menjadi wajib manakala sisa waktu yang tersedia lebih dari 18 bulan. Tentang harus berapa waktunya, memang tidak diatur. Semua tergantung dari partai pengusung,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge