0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lemur, Mamalia yang Terancam Punah

Solo- Apakah Anda pernah melihat film animasi Madagaskar? Jika ya, Anda pasti tidak asing dengan karakter-karakter hewan lucu yang beberapa sebenarnya merupakan hewan yang terancam punah. Salah satunya adalah Lemur, yang menurut konferensi International Union for Conservation of Nature merupakan salah satu mamalia yang paling terancam di Bumi.

Workshop IUCN (International Union for Conservation of Nature) diadakan untuk mendiskusikan kepunahan Lemur.

Lemur hanya ditemukan kepulauan Madagaskar di Samudera Hindia. Sekalipun hewan ini memiliki beragam kelompok, tetapi saat ini hanya tersisa sekitar 103 spesies Lemur, demikian dikutip dari planetsave.com.

“Madagaskar, sejauh ini memiliki jumlah terbesar dari spesies primata yang terancam punah lebih dari wilayah habitat atau negara manapun di dunia. Sebagai dampaknya, kami sekarang percaya bahwa lemur mungkin adalah spesies paling terancam keberadaannya di banding kelompok vertebrata manapun,” kata ahli primata Christoph Schwitzer, salah satu panitia konferensi.

Ada beberapa penyebab kepunahan dari hewan ini: situasi politik yang kacau pasca kudeta di Madagaskar menyebabkan perlindungan terhadap hewan ini menurun, selain itu kemiskinan meningkat dan menyebabkan illegal logging juga mengalami peningkatan. Sementara kerusakan habitat hutan tropis mereka terus berlangsung dan perburuan untuk mendapatkan daging lemur juga meningkat.

Kata lemur berasal dari kata lemures yang berarti hantu atau roh-roh dari mitologi Romawi dan kali pertama digunakan untuk si lambat, lori, mamalia lain di pulau ini karena kebiasaannya sebagai makhluk malam yang bergerak lambat. Tapi akhirnya istilah ini digunakan untuk primata di Madagaskar.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge