0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Malam 1 Suro

Kemacetan Melanda Kota Solo Saat Kirab Pusaka

Solo – Perayaan tahun baru menurut kalender Jawa Malam 1 Suro dimulai di Mangkunegaran sekitar pukul 19.00 WIB, tanggal 17 Desember 2009 ini. Pada hari itu pula dilaksanakan pula jamasan (pencucian) benda pusaka kemudian dikirabkan keliling Mangkunegaran.

Kirab ini dilakukan mengelilingi kota Solo dengan rute Alun- Alun Lor, Gladag, Sangkrah, Pasar Kliwon, Gading, Gemblegan, Nonongan, Jl. Slamet Riyadi dan kembali ke Keraton melalui Gladag Lor dengan melalui jalur yang disebut Paradaksina (mengikuti arah jarum jam), dengan selalu menjaga posisi Keraton berada disebelah kanan pusaka yang dikirab.

Saat berlangsungnya ritual, sepanjang jalan yang merupakan jalur untuk ritual ditutup sehingga mengakibatkan kemacetan panjang dan tidak terorganisir, kemacetan ini berlangsung selama 4 jam mulai jam 22.30 WIB – 02.30 WIB menurut pantauan Timlo.net saat meliput di Kratonan (Perempatan Gemblegan). Penonton kirab mulai pulang ketika kirab telah melewati rute Gemblegan, kemacetanpun mulai berkurang sekitar pukul 03.00 WIB dini hari arus jalan bisa lancar kembali (18/12).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge