0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penambangan Manual Jalan Terus

Pemkab Boyolali Akan Memberikan Bimbingan Kepada Penambang

Boyolali – Terkait tewasnya 2 penambang akibat tertimbun longsoran pasir di di Dukuh Macanputih, Desa Sidomulyo, Kecamatan Cepogo, pada Senin (19/4) lalu belum ada wacana Bupati Boyolali Sri Moeljanto yang menyatakan akan menutup lokasi penambangan manual galian C.

 

Pemkab Boyolali tetap berpikiran positif dan pihaknya akan segera memberikan bimbingan secara teknis kepada para penambang manual, apakah lahan yang digali itu merupakan lahan yang layak untuk ditambang, terkait tewasnya 2 penambang pasir itu menunjukkan karena kurangnya pengetahuan penambang terhadap lahan yang digunakan.

 

Bupati Boyolali Sri Moeljanto sendiri mengungkapkan, “Walaupun lahan itu milik pribadi, tetapi jika untuk aktivitas penambangan harus tetap melalui proses izin ke instansi terkait,” ungkapnya seperti dikutip dari antarajateng.com.

 

Karena, kata dia, jika lahan sudah berubah fungsi pemilikannya juga bisa berubah. Maka, harus ada pemahaman bersama agar dengan penambangan itu mereka mempunyai nilai lebih bagi kesejahteraan keluarganya. Jika proses izin tersebut ditempuh, maka aparat desa maupun kecamatan terkait akan selalu memantau aktivifitas mereka. 

 

Pemkab Boyolali tetap berupaya untuk membantu memberikan sosialisasi kepada penambang dengan menurunkan dinas terkaitnya.  Jika para penambang manual kesulitan menggali pasir bisa Pemkab dapat membantu dengan menurunkan alat berat.

 

 

(Diolah dari antarajateng.com)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge