0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Puting Beliung, Cawas Rugi Rp 177,7 Juta

Klaten – Kerugian akibat bencana puting beliung yang menimpa 12 desa di Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten pada Jumat (2/12) lalu mencapai Rp 177,7 juta.

“Setelah kami lakukan pendataan, kerugian material milik warga dan fasilitas umum mencapai Rp 127,7 juta, sedangkan akses jaringan listrik milik PLN mencapai Rp 50 juta,” kata Camat Cawas, Pri Harsanto, Senin (5/12).

Pri Harsanto menjelaskan, angin puting beliung pada Jumat sore lalu itu telah merusak ratusan rumah milik warga dan fasilitas umum di 12 desa. Bahkan, dalam peristiwa itu dua warga menjadi korban, satu meninggal dunia dan satu lagi luka berat.

Pri menerangkan, dari kerugian material sebesar Rp 127,7 juta itu, kerugian terparah ada di tujuh desa diantaranya, Desa Pogung kerugian Rp 20 juta, Desa Mlese Rp 10 juta, Desa Tirtomarto Rp 41,5 juta, Desa Barepan Rp 5 juta, Desa Pakisan Rp 2,5 juta, Desa Balak 6,7 juta, Desa Burikan Rp 42 juta.

Sementara di lima desa lainnya hanya mengalami beberapa pohon tumbang diantaranya, Desa Plosowangi, Tlingsing, Bawak, Japanan dan Desa Nanggulan. “Kami berharap segera ada kepemihakan dari pemerintah melalui dinas terkait,” imbuh Pri.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Joko Rukminto mengatakan, kewenangan pemberian bantuan tersebut biasanya ada pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) atau Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Klaten. “Itu bukan kewenangan kami,” ujarnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, kedua instansi yang berwenang dalam masalah pemberian bantuan darurat kepada korban puting beliung belum bisa dikonfirmasi.

Sebelumnya dikabarkan, selain di Kecamatan Cawas, hujan deras yang disertai angin puting beliung pada Jumat lalu juga sempat menerjang di empat kecamatan lainnya, diantaranya Kecamatan Pedan, Bayat, Trucuk dan Karangdowo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge