0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bersih Desa Ala Masyarakat Cangkol, Desa Lencoh, Kecamatan Selo

Tradisi Kekeluargaan Turun-temurun

Boyolali – Masyarakat Cangkol, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten  Boyolali mempunyai tradisi dalam merayakan Bersih Desa, di kampung mereka.

Layaknya tradisi sungkeman maupun silaturahmi yang dilakukan pada saat lebaran, Bersih Desa di daerah tersebut mengadopsi hal serupa. Silaturahmi antara warga ini terjadi selama dua hari berturut-turut untuk memperingati bersih desa. Seluruh warga saling mengunjungi satu sama lain dan uniknya selalu ada hidangan yang akan disajikan untuk para tamu yang berkunjung.

“Jika adat Bersih Desa tiba seluruh masyarakat desa ini yang merantau akan pulang ke desanya, dan akan mengunjungi sanak saudara, dan tetangga sebagai bentuk silaturahmi, ungkap Susanto (40) salah satu tetua desa tersebut. Tradisi tersebut merupakan tradisi turun –temurun yang dilakukan warga dukuh Cangkol, Desa Lencoh, Kecamatan Selo.

Selain adanya tradisi silaturahmi juga ada sebuah ritual larung sesaji di anak sungai kaki Gunung Merbabu. Sesaji tersebut dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Mbaureksa Gunung atas air sungai yang melimpah sehingga masyarakat dapat bercocok tanam.

Kedatangan Timlo.net sendiri dalam rangka meliput prosesi adat di desa tersebut cukup mendapatkan tanggapan positif dari warga dukuh Cangkol, Desa Lencoh. Beragam makanan disuguhkan kepada kami. Bahkan para tetua desa mengajak kami berkeliling desa sembari menceritakan hal-hal menarik yang terjadi di kampung tersebut. Ada sebuah sikap kekeluargaan yang tinggi di desa tersebut, rasa menghargai satu sama lain sangatlah besar di desa ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge