0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Upaya Penyelamatan Hutan di Indonesia

Menhut : Selamatkan Hutan Perlu Aksi, Jangan Workshop Terus!

Jakarta – Hutan di Indonesia sudah diambang kritis, ini terjadi lantaran banyaknya illegal logging yang dilakukan tanpa memandang pentingnya hutan bagi bangsa ini, Menteri Kehutanan Zilkifli Hasan saat membuka UN-REDD Inception Workshop di Hotel Gran Melia, Jakarta, Selasa (30/3/2010) ini mengingatkan pentingnya aksi nyata dalam upaya penyelamatan hutan dengan segera, tidak boleh hanya dilakukan dengan menggelar seminar atau workshop saja kata dia seperti dilansir dari kompas com,.

 

Dalam kaitannya dengan upaya penyelamatan hutan ini workshop memang penting, tapi yang lebih penting adalah aksi untuk melakukan sesuatu. “Kalau workshop terus kapan menanamnya?,” sindir Zulkifli. Selain upaya restorasi hutan yang sangat mendesak, pihak-pihak stakeholder terkait juga diingatkan untuk secepatnya melakukan kajian dan penghitungan karbon.

 

“Kawasan hutan kita rusaknya balapan. Jangan terlena dengan workshop. Apa kita hanya menunggu adanya sistem? Sementara, PBB saja belum ada kesepakatan karbon. Silakan kunjungan, workshop ke luar negeri, tapi juga jangan lupa aksinya,” tegasnya lagi.

 

Pihaknya tengah menjajaki kemungkinan kerjasama bilateral dengan negara program REDD. Hutan seluas 300 ribu hektar telah disiapkan bagi kalangan dunia internasional yang ingin membeli karbon dari hutan di Indonesia.

 

 

(Diolah dari kompas.com)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge