0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indahnya Silaturahmi Saat Lebaran

Solo – Lebaran identik dengan silaturahmi dan saling memaafkan. Dalam bahasa Arab, silaturahmi berarti menyambung hubungan dengan saudara sedarah.

Sementara itu, silaturahim artinya menyambung hubungan dengan orang-orang yang bukan saudara seperti tetangga dan teman. Dari sisi sosial, silaturahmi dan silaturahim sangat penting untuk menjaga kontak dan jaringan.

Setiap orang tentu punya cara tersendiri dalam memaknai dan menjalani puasa dan lebarannya.

Tak lain halnya, saling berbagi dan menjalin silaturahmi merupakan dua sisi dan tradisi yang tidak terpisahkan menjelang Idul Fitri. Namun, silaturahmi saat ini juga dapat diwakilkan lewat hantaran berbentuk parsel.

Bahkan ada yang mengejarnya hingga ke kampung halaman. Ini biasa disebut mudik, dengan kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.

Ritual ini identik dilakukan menjelang Lebaran. Berjuta-juta orang yang bermukim di kota besar pulang ke kampung halamannya. Mereka menggunakan mobil pribadi, motor, pesawat, kapal, kereta, dan semua moda transportasi yang ada. Semuanya rindu kampung halaman.

Maka dari itu, lebaran selalu dihiasi dengan acara saling berkunjung. Seberapa perlu sebetulnya ritual itu? Apa pula yang harus diperhatikan saat kita berhalal bihalal?

Meski terkesan sepele, salah menentukan waktu bisa-bisa membuat sebagian pihak tersinggung. Jadi, cara ampuh yang paling utama yakni bagaimana cara kita untuk membagi waktu itu sendiri pada saat acara saling berkunjung berlangsung.

Ditemui Timlo.net saat silaturahmi hari ini (30/8), Ida yang berasal dari Jakarta mengaku lebih baik berkunjung ke orangtua lebih dahulu, baru ke kerabat lain dan jangan melupakan juga berkunjung ke rumah mertua. “Kalau masih di satu kota ya, kunjung ke rumah orangtua dulu, pokoknya saling koordinasi saja dengan pasangan, ya intinya soal kesepakatan dan pintar-pintar atur waktu lah,” ujar Ida dengan logat Jakartanya.

(berbagai sumber)



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge