0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran Boleh Beda, Ukhuwah Tetap Terjaga

Solo – Ramadhan berakhir sebentar lagi. Di tengah kesibukan mudik dan perasaan haru karena akan ditinggalkan bulan yang penuh rahmat dan ampunan, umat Islam Indonesia harus kembali bersiap dengan adanya potensi perbedaan penetapan 1 Syawal 1432 Hijriah. Tahun ini dipastikan ada yang merayakan Idul Fitri pada besok, Selasa (30/8), ada pula yang Rabu (31/8).

Perbedaan Idul Fitri di Indonesia sudah berkali-kali terjadi. Meski pada awalnya muncul kekhawatiran akan terjadi gesekan-gesekan, dalam perkembangannya, kekhawatiran itu terkikis. Umat cenderung makin terbuka dan terbiasa menerima perbedaan serta menghormati saudara-saudaranya yang memilih ber-Idul Fitri sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Hal ini pula, banyak berbagai jawaban dan ungkapan akan masyarakat sekitar yang ditemui Timlo.net hari ini (29/8) di salah satu pusat perbelanjaan di Solo,  Yanto (55 tahun) berucap ingin rayakan Idul Fitri hari Rabu (31/8), lain halnya dengan Budi (25 tahun) yang terlihat sedang nongkrong di mall sembari ngadem katanya, mengaku merayakan Idul Fitri pada besok, Selasa (30/8). “Pengen cepet aja biar cepat nggak puasa lagi,” ucapnya sembari bercana bersama-sama dengan temannya kala itu.

Dalam titik itu pula, perbedaan tersebut menjadi indah. Namun, harus diakui bahwa setiap menjelang Ramadhan, Idul Fitri, atau Idul Adha perbincangan hangat di masyarakat berkembang di seputar apakah penetapannya sama atau berbeda. Bagaimanapun, hal itu mengisyaratkan bahwa umat Islam sebenarnya lebih merasa nyaman jika dapat memulai puasa pada hari yang sama, lalu ber-Idul Fitri atau Idul Adha secara bersama-sama pula. Lebaran boleh berbeda tetapi ukhuwah (persaudaraan) tetap terjaga.

Nah, tinggal menunggu apa lagi? Jika selama ini kita mampu bersabar dan bekerja keras menyebarkan pesan perdamaian agar perbedaan Lebaran tidak menimbulkan perpecahan, tentu kita punya energi lebih besar lagi untuk bersabar dan bekerja keras untuk sebuah kriteria yang sama agar hari raya tidak berbeda. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir Batin.

(berbagai sumber)



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge