0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Klaten Larang Konvoi Takbiran

Klaten – Bupati Klaten Sunarno melarang keras terhadap konvoi liar pada malam takbiran yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat.

Pasalnya, karena selain mengakibatkan ketidaktertiban juga dinilai mengganggu lalu lintas arus mudik Lebaran yang sedang berlangsung.

“Tentu perilaku konvoi di malam takbir juga melenceng jauh dari esensi nilai keagamaan. Lebih baik membaca takbir di masjid atau mushola sebagai bentuk siar kepada masyarakat,” kata Sunarno, Senin (29/8).

Sunarno mengimbau, pada malam takbir di Klaten hanya boleh ada satu konvoi dari takmir Masjid Raya Klaten yang akan melakukan takbir keliling dengan berjalan kaki di wilayah perkotaan.

“Satu-satunya konvoi malam takbir yang kami izinkan hanya kegiatan yang akan dilakukan rombongan pihak Masjid Raya Klaten, yang lainnya tak diberi izin karena dikhawatirkan akan mengganggu ketenteraman masyarakat,” terangnya.

Apabila ada yang nekat melakukan konvoi secara ugal-ugalan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menindaknya.

Mengenai kapan dimulainya penjagaan perayaan malam takbir di Klaten, pemkab dan pihak kepolisian masih menunggu kepastian tanggal jatuhnya 1 Syawal 1432 Hijriah. Karena kemungkinan besar akan ada perbedaan waktu perayaan lebaran antara ketentuan pemerintah dengan ormas Islam.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge