0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Lebaran 1432 H

Tiket Bus Arus Balik H+3 dari Klaten Ludes

Klaten – Tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) pada arus balik H+3 Lebaran 1432 H yang dijual agen perjalanan di Terminal Klaten telah habis terjual melalui pesanan. Permintaan tiket itu untuk kebutuhan arus balik pada 3 – 4 September 2011.

“Untuk harga tiket itu belum bisa ditentukan karena para pemesan baru sebatas membayar DP,” ujar Ketua Paguyuban Agen Bus AKAP Terminal Klaten Widodo, Kamis (25/8).

Ia menerangkan, sebagian besar pesanan tiket bus pada arus balik merupakan angkutan balik dengan tujuan Bekasi, Kerawang, dan Cibitung. Sedangkan sebagian lainnya merupakan kendaraan tujuan luar Jawa seperti Sumatera dan Kalimantan.

Budiman, salah seorang penjual tiket bus di Terminal Klaten, menuturkan para pemesan tak terpengaruh oleh meningkatnya harga tiket arus balik yang hingga kini belum diketahui kepastian harganya karena masih harus menunggu kebijakan dari perusahaan. Namun demikian para pemesan tetap bersedia membeli tiket tersebut dengan uang muka Rp100 ribu.

“Pada saat Lebaran harga tiket mengalami kenaikan dibanding hari biasa, hanya saja para agen bus di sana sepakat untuk tak menyebutkan harga kisaran terlebih dahulu sebelum diputuskan, karena khawatir akan meleset dari perkiraan dan mengecewakan calon penumpang,” ujar Budiman.

Mengenai kenaikan harga tiket, Dinas Perhubungan Klaten mengingatkan agen bus agar tak menaikkan harga tiket melebihi batas yang ditentukan sebesar Rp 86 per kilometer untuk batas bawah dan Rp 139 per kilometer untuk batas atas.

“Peraturan tersebut dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Sehingga jika ada yang kedapatan melanggar, Dishub akan langsung melaporkannya ke pusat,” ujar Kepala Dishub Klaten Jaka Sawaldi.

Sementara itu, jumlah penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dengan jasa angkutan bus AKAP mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu bisa dilihat dari jumlah pemesan yang sudah memberikan uang muka untuk perjalanannya pada arus balik pada H-7.

Jika pada arus Lebaran tahun lalu, saat memasuki H-7 jumlah pemesan tiket arus balik belum begitu terlihat. Namun pada 2011 ini, sebelum H-7 jumlah pemesanan sudah meningkat secara signifikan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge