0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Lebaran 2011

Puluhan Armada Bus Tak Laik Pakai Beroperasi

Klaten – Momen mudik Lebaran 2011 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Klaten menemukan adanya puluhan armada bus tak laik pakai yang tetap beroperasi.

Temuan itu setelah pihak Dishub melakukan uji kelaikan secara rutin sejak satu bulan terakhir di Terminal Klaten. Dari 70 bus yang diperiksa, sembilan diantaranya tak laik pakai.

“Itu hasil pemeriksaan selama sebulan terakhir, dan kemungkinan jumlahnya bisa bertambah hingga puluhan. Dari pemeriksaan itu banyak ditemukan kadar emisinya terlalu tinggi yakni melebihi 70 %, kerusakan pada lampu-lampu, serta tak dilengkapi surat-surat penting lainnya,” kata Kasi Teknik Kelayakan Kendaraan Dishub Klaten Sumarsono disela uji kelaikan armada bus di Terminal Klaten, Selasa (23/8).

Dalam uji kelaikan itu, dilakukan pengecekan pada segala kelengkapan dari kendaraan, surat-suratan hingga emisi gas buang. Hanya saja kegiatan ini diduga sudah bocor. Hal itu dilihat dari sedikitnya jumlah kendaraan yang masuk ke terminal.

Kepala Dishub Klaten Jaka Sawaldi mengatakan, uji kelaikan ini dimaksudkan agar setiap masyarakat yang memanfaatkan kendaraan umum bisa merasa nyaman. Terlebih mendekati Lebaran ini, dimana terjadi peningkatan volume kendaraan dan penumpang itu sendiri. “Selain itu untuk meminimalisir angka kecelakaan yang diakibatkan dari ketidaklengkapan fasilitas kendaraan,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge