0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2011, Okupansi Gerbong Kereta Api Dibatasi

Klaten – Peningkatan arus penumpang kereta api mulai terasa di Stasiun Kereta Api Klaten. Kendati belum begitu signifikan, namun jumlah penumpang yang turun mulai Senin (22/8) sudah semakin banyak dibanding hari-hari biasa.

Selain banyak warga yang datang dari Jakarta, Bandung, Surabaya ke Klaten, juga banyak warga yang justru ke luar Klaten.

Manajer Humas PT KA Persero Daops VI/Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, untuk tahun 2011 ini okupansi gerbong kereta api dibatasi. “Untuk kereta ekonomi satu gerbong maksimal hanya 150 orang. Terdiri 100 orang dengan tempat duduk dan 50 orang tanpa tempat duduk,” paparnya.

Sehubungan dengan hal itu, masyarakat diminta untuk memakhlumi apabila tiket kereta ekonomi tersebut sudah habis, tidak memaksakan diri untuk tetap naik. Apabila hal ini terjadi maka kereta tidak akan dijalankan, demi keselamatan dan kenyamanna penumpang.

Eko menjelaskan, khusus tiket ekonomi dilayanai sejak 17 Agsustus untuk keberangkatan mulai 23 Agustus. Yakni pembelian bisa dilakukan pada tujuh hari sebelum keberangkatan. Penjualan tiket ekonomi tersebut dilakukan secara online. “Dengan demikian para petugas penjualan tiket harus benar-benar disiplin, dengan tidak melayani pembelian, apabila kuota telah habis,” jelasnya.

Eko menegaskan, agar penumpang yang tidak mendapatkan tiket tidak nekad naik di kabin, sambungan gerbong atau bersembunyi di WC. Hal itu dinilai sangat membahayakan penumpang yang bersangkutan dan juga penumpang lain yang mempunyai tiket.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge