0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Persiapan Lebaran Warga Lereng Merapi

ORARI Klaten Kirim 150 Tangki Air ke Merapi

Klaten Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) Klaten, Minggu (21/8), melakukan dropping air bersih ke warga lereng Merapi. Pengiriman sebanyak 150 tangkiini rencananya akan dilakukan hingga H-1 Lebaran.

Sasaran kali ini yakni Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. “Dropping air bersih ini bertujuan agar warga lereng Merapi yang sedang mengalami kekeringan bisa mempunyai cadangan air bersih saat merayakan Lebaran nanti,” kata Ketua ORARI Klaten Agus Riyanto.

Agus mengatakan, bantuan ini disalurkan ke bak tandon air di masjid-masjid dan bak umum di 13 desa yang ada di Kemalang. “Dengan begitu warga tidak akan berebut untuk mendapatkan air bersih,” ujarnya.

Koordinator kegiatan, Purwanto AC menambahkan, pemberian bantuan air bersih bagi warga lereng Merapi sudah rutin diselenggarakan sejak tahun 2004 silam. Kegiatan kali ini sekaligus dalam rangka HUT RI ke-66 dan Hari Jadi Klaten ke-207. “Kegiatan ini rutin tiap tahun, kebetulan saat ini menjelang Lebaran jadi biar untuk memenuhi kebutuhan warga lereng Merapi,” imbuhnya.

Sebelumnya, kekeringan yang mulai melanda di wilayah itu membuat sebagian besar warga mulai kelimpungan akan kebutuhan air bersih. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih saja warga harus membeli air dengan harga Rp 120.000 per tangki isi 5000 liter. Bahkan untuk daerah atas harganya mencapai Rp 150.000 per tangki.

“Kami atas nama warga lereng Merapi sangat berterimakasih atas kepedulian pihak ORARI Klaten yang mengerti akan kebutuhan mendesak warga saat ini. Semenjak tidak turun hujan, wilayah Balerante memang mulai mengalami kekeringan,” ujar Camat Kemalang Suradi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge