0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sumbangan Penanganan Merapi Sisa Rp 600 Juta

Klaten – Dana sumbangan dari masyarakat untuk penanganan bencana erupsi Merapi 2010 di Kabupaten Klaten hingga kini tersisa sekitar Rp 600 juta. Kini sisa sumbangan itu digunakan sebagai dana pemberdayaan masyarakat korban bencana Merapi.

Demikian diungkapkan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Joko Rukminto, Jumat (19/9).  Ia mengatakan, sisa sumbangan itu digunakan untuk keperluan warga Merapi guna membantu pemulihan mereka.

“Dana itu sudah disalurkan beberapa waktu lalu kepada warga Desa Balerante, Kecamatan Kemalang yang mengalami kerugian terbesar akibat erupsi. Karena sebagian besar rumah warga diwilayah itu hancur tersapu awan panas Merapi,” ungkap Rukminto.

Rukminto menerangkan, pada tahap pertama bantuan telah diberikan kepada 55 kepala keluarga (KK) di sana, selanjutnya diberikan kepada 115 KK lainnya. Bagi keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan berat mendapat bantuan sebesar Rp 7.000.000 per KK, sedangkan bagi yang rumahnya rusak ringan mendapat Rp 5.000.000 per  KK.

“Dengan begitu seluruh keluarga di wilayah paling dekat dengan puncak Merapi telah mendapatkan bantuan pemberdayaan dari dana sumbangan tersebut. Selain untuk pemberdayaan, dana sisa sumbangan itu bisa diposkan untuk membantu warga korban Merapi jika mengalami masalah dalam perolehan kebutuhan secara umum,” ungkapnya.

Meski demikian, Rukminto menegaskan bahwa penggunaan dana sumbangan tersebut tak bisa dilakukan dengan asal pakai, karena setiap rupiah yang keluar harus ada pertanggungjawabannya mengingat dana tersebut merupakan amanah dari masyarakat untuk korban Merapi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge