0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT RI, Koruptor Klaten Mendapat Remisi

Klaten – Pada peringatan HUT RI ke-66, salah satu narapidana (Napi) kasus korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Klaten mendapat pengurangan masa hukuman (remisi) dari pemerintah.

Koruptor bernama Sugimin tersebut merupakan mantan Kepala Desa Dompyongan, Kecamatan Jogonalan. Tersangka yang juga warga Banjarrejo, Dompyongan itu dijebloskan ke penjara lantaran diduga melakukan korupsi dana desa senilai total Rp 49,1 juta.

“Yang bersangkutan masuk dalam syarat penerima remisi, yakni berkelakuan baik selama menjalani hukuman dan sudah menghabiskan sepertiga masa pidana yang diputuskan hakim kepadanya,” kata Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Kelas II B Klaten Tri Joko, Selasa (16/8).

Tri Joko menerangkan, sebenarnya setelah mendapat remisi, Sugimin bisa langsung menghirup udara bebas. Namun hal itu tak bisa dilakukan karena ia masih harus menjalani masa subsider sebagai pengganti hukuman karena tak bisa mengganti rugi uang negara yang telah dikorupnya.

“Kami berharap yang bersangkutan tetap bisa menjaga kelakuan baiknya di dalam penjara agar remisi yang diberikan kepadanya tahun ini tak sia-sia,” imbuh Tri Joko.

Tri Joko menjelaskan, selain Sugimin, remisi juga diberikan kepada 211 napi lainnya. Remisi yang diperoleh beragam mulai dari 3 sampai 6 bulan. Dari jumlah itu ada enam yang bisa langsung menghirup udara bebas karena telah habis masa pidananya. “Sedangkan satu orang tinggal menghabiskan masa subside,” ujarnya.

Pemberian remisi secara resmi akan diserahkan oleh Bupati Klaten Sunarna setelah kegiatan upacara HUT Ke-66 RI, Rabu (17/8). “Kami berharap pemberian remisi kepada para napi bisa dijadikan sebagai motivasi untuk berkelakuan baik saat menjalani masa hukuman,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge