0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembagian Tunjangan Hari Raya

SPSI Klaten Awasi Perusahaan Nakal

Klaten – Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Cabang Klaten bakal melakukan pengawasan ketat terhadap pembagian tunjangan hari raya (THR) oleh perusahan-perusahan di wilayah ini.

Upaya itu menyusul indikasi ratusan perusahan nakal di kabupaten ini yang tak memberikan THR kepada karyawannya. “Kami akan menerjunkan tim khusus untuk mengawasi pembagian THR kepada seluruh karyawan perusahaan di Klaten,” ujar Penasehat SPSI Cabang Klaten Gino, Senin (15/8).

Gino menjelaskan, pihaknya mencium gelagat tak baik para perusahaan nakal yang enggan memberikan THR pada karyawannya pada Lebaran tahun ini. Berdasarkan data dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten ada sekitar 1.300 perusahaan yang wajib lapor kepada pemerintah.

“Namun dari jumlah itu masih ada 400-an lebih perusahaan yang tak memberikan THR setiap hari raya. Tahun ini perusahaan-perusahaan tersebut akan kami pantau agar jangan sampai melalaikan kewajibannya lagi dalam memenuhi hak karyawan saat Lebaran tiba,” jelas Gino.

Menurut pantauan SPSI di tahun sebelumnya, sebagian besar perusahaan yang tak memberi THR kepada karyawan adalah jenis usaha pertokoan milik perorangan maupun usaha kecil menengah.

“Alasannya rata-rata adalah ketidakmampuan pemilik usaha untuk membayar THR kepada pekerjanya. Padahal THR wajib diberikan kepada karyawan, apalagi bagi mereka yang masa kerjanya lebih dari satu tahun,” terang Gino.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melalui Dinsosnakertrans akan membuka posko pengaduan bagi karyawan yang tidak mendapatkan THR dari perusahan masing-masing.

“Kami berharap karyawan yang tidak mendapatkan haknya untuk tidak sungkan melaporkan kasus kepada tim yang akan diterjunkan ke perusahaan-perusahaan,” ujar Kepala Bidang Tenaga Kerja pada Dinsosnakertrans Klaten Giyanta.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge