0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Razia Menjelang Lebaran

Pemkab Klaten Sweeping Pedagang Nakal

Klaten – Jajaran petugas dari  tim gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Senin (15/8) pagi, menggelar razia ke sejumlah pasar tradisional dan toko.

Razia ini untuk mengantisipasi peredaran daging glonggongan, serta makanan dan minuman kadaluarsa yang dijual pedagang nakal menjelang Lebaran. Selain itu, upaya ini juga untuk memantau kondisi harga di pasaran yang cenderung meningkat pada momen hari raya keagamaan.

Pantauan Timlo.net, sasaran pertama tim gabungan yang terdiri dari petugas UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, dan Disperindagkop & UMKM, dan Bagian Perekonomian melakukan pemeriksaan kesejumlah pedagang di Pasar Kembang, Kecamatan Kemalang. Sasaran kedua dilanjutkan di Pasar Klewer, Kecamatan Manisrenggo.

Tampak petugas dari UPTD RPH melakukan pengecekan beberapa daging dengan menggunakan alat penanda air. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa daging yang dijual pedagang bukan daging gelonggongan.

"Untuk ukuran daging yang normal itu PH-nya ada di angka 5-6,5. Sedangkan jika diatas angka itu berarti daging tersebut merupakan gelonggongan karena kadar air terlalu tinggi," ujar Kepala UPTD RPH Dinas Pertanian, Tri Yanto kepada Timlo.net di sela razia.

Selain memantau peredaran daging glonggongan, kata Tri, pihaknya juga intensif mengawasi daging yang mengandung formalin dan daging busuk (namgkai). Sementara itu, petugas dari Dinas Kesehatan dan Disperindagkop juga intensif memeriksa makanan dan minuman baik yang segar maupun awetan dalam kemasan.

"Sidak terus dilakukan karena banyak masyarakat yang khawatir akan maraknya makanan kadaluarsa menjelang Hari Raya Idul Fitri," ujar Kabag Perekonomian Sri Sumanto.

Ditambahkan, pihaknya akan meningkatkan frekuensi pengecekan rutin kesetiap pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini untuk mengantisipasi peredaran daging dan makanan tak sehat di pasaran.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge