0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akan Gunakan Venue Lain

FFS 2012 Tak Terpengaruh Penggusuran GKS

Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kentingan, Jebres, Solo (dok.timlo.net/rony)

Solo – Rencana penggusuran Gedung Kesenian Solo (GKS) yang merupakan bekas gedung bioskop Solo Teater, ternyata sama sekali tidak menghalangi penyelenggaraan Festival Film Solo (FFS) yang kedua, Mei 2012 mendatang.

Direktur FFS, Ricas CWU menegaskan, FFS tidak ada korelasinya dengan GKS. Hanya saja, tempat tersebut memang memadai untuk dijadikan tempat pemutaran film sehingga adanya tempat ini dirasa sangat membantu kelangsungan acara meskipun belum standar. “Secara sejarah, gedung eks-bioskop ini merupakan tempat pemutaran film pertama kali di Solo. Jadi pas sekali bila pada penyelengaraan yang pertama, FFS bisa menggunakan gedung ini. Namun sejak awal sudah kami pikirkan, setiap tahun kami akan mengambil venue yang berbeda,” tutur Ricas ketika dijumpai di GKS, Selasa (9/8).

Saat ini, persiapan menuju FFS kedua baru sampai tahap perencanaan program dan pemilihan lokasi. Ricas mengatakan, beberapa tempat di Taman Budaya Jawa Tengah akan menjadi sasaran untuk pemutaran film. Seperti teater arena dan galeri.

Atas rencana penggusuran GKS, Ricas sendiri sebenarnya menyayangkan hal tersebut karena sejak gedung tersebut dialihfungsikan, tempat ini pernah menjadi ruang publik di mana berbagai kesenian pernah mampir. “Tapi kami menyadari, tempat ini juga bukan milik kami. Jika selama ini masih bisa difungsikan sebagai, kami sebagai salah satu pengguna akan mengelolanya,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge