0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana Dropping Air di Klaten Nyaris Ludes

Klaten – Dana kegiatan dropping air dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten untuk lokasi krisis air bersih kini mulai menipis. Bahkan dana itu hanya dapat untuk mencukupi operasional hingga Lebaran mendatang.

“APBD 2011, dana yang dialokasikan untuk droping air bersih hanya Rp 34  juta. Dana tersebut dialokasikan untuk 280 tanki (kegiatan)  dropping air bersih,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Klaten, Suwardi, Jumat (12/8).

Suwardi menjelaskan, hingga hari ini kegiatan untuk dropping air bersih sudah berlangsung mencapai 170 tangki. Pihaknya memprediksi dana yang tersisa hanya belasan juta rupiah tersebut akan mampu mengatasi krisis air bersih sampai Lebaran mendatang.

“Padahal informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) kemarau diprediksikan masih akan berlangsung hingga Oktober. Tentu saja pemkab akan kehabisan dana pada dua bulan terakhir untuk kegiatan pasokan air bersih,” ujarnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Suwardi, pihaknya sudah koordinasi dengan Bakorlin Surakarta terkait krisis air bersih. Bahkan sudah ada komitmen saat Klaten kekurangan pasokan air bersih Bakorlin akan membantu mengirim air bersih ke daerah yang mengalami krisis air.

“Langkah ini dilakukan sambil menunggu disahkannya APBD perubahan 2011. Pada APBD perubahan kami mengajukan Rp 100 juta untuk kegiatan droping air bersih. Koordinasi dengan Bakorlin terus dilakukan agar saat anggaran pemkab sudah habis bisa langsung dibantu,” imbuh Suwardi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge