0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Simbol akan Diperhalus

Sarung Leak akan Tampil di Indonesia

Solo – Setelah sukses menggarap dan menampilkan monolog berjudul Sarung di Berlin, sastrawan Solo, Sosiawan Leak, akan menggelar karyanya ini di beberapa kota di Indonesia dengan penggarapan ulang.

Dengan begitu banyaknya penjelajahan agamis, ditakutkan akan menjadi polemik di negara yang masih dalam masa pertumbuhan ini. “Esensinya akan tetap sama namun untuk menggambarkan simbol-simbolnya tidak akan terlalu frontal,” kata Leak ketika ditemui di kediamannya, Selasa (9/8).

Sarung, yang dalam kenyataanya menjadi salah satu jenis pakaian yang berfungsi untuk menutupi bagian-bagian tubuh, dalam karya tersebut menjadi sebuah media yang diperdebatkan. Banyak simbol-simbol dari beberapa agama yang dimunculkan oleh Leak dalam karyanya ini karena agama masih sering menjadi perdebatan di masyarakat. Oleh karena itulah, simbol akan dibuat secara lebih halus.

“Hal-hal yang membungkus suatu aturan atau ajaran malah yang seringkali diperdebatkan. Padahal pada intinya, yang seharusnya didalami adalah apa yang dibungkus. Contohnya jika seseorang beragama, hendaknya dia mengamalkan kedamaian dalam hidupnya ssecara universal,” ujar Leak.

Karya ini akan ditampilkan Leak sebelum akhir tahun 2011 ini yakni sekitar bulan November. Setelah menyaksikan Penampilan ini, para seniman Eropa mengusulkan pada Leak untuk menampilkannya di Indonesia. “Meskipun simbol-simbol akan saya buat lebih soft, tapi artistiknya akan saya tampilkan lebih detail baik dari segi musik, properti, kostum, dan gerakan-gerakan tubuh,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge