0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Selama Ramadhan, Pendonor Berkurang

Lebaran, Stok Darah PMI Klaten Ludes

Klaten – Ketersediaan stok darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Klaten mendekati Lebaran nanti dipastikan habis. Demikian diungkapkan Humas PMI Cabang Klaten, Saiman kepada wartawan di kantornya, Selasa (9/8).

Menurutnya, tidak mencukupinya persediaan darah pada Lebaran nanti lantaran saat Ramadhan ini jumlah pendonornya semakin berkurang. “Memang setiap momen Lebaran seperti ini stok semakin berkurang, karena banyaknya jumlah permintaan,” ujarnya.

Data di kantor PMI Klaten menyebutkan, stok darah saat ini hanya sekitar 300-an kantong darah yang hanya mampu mncukupi kebutuhan selama sepekan mendatang. Stok darah paling banyak adalah golongan O yang mencapai 194 kantong, kemudian golongan B ada 158 kantong, golongan AB sebanyak 41 kantong, dan golongan A kosong.

Guna mengantisipasi kebutuhan mendadak, PMI Cabang Klaten akan mengandalkan sumbangan darah dari kelompok donor yang selama ini sudah bekerjasama. “Saya berharap dengan bantuan kelompok pendonor ini nanti akan membantu persediaan selama Lebaran,” imbuh Saiman.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge