0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Lebaran, Stok Daging Ditambah

Klaten – Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten akan menambah jumlah daging yang disembelih guna memenuhi stok daging menjelang Lebaran tahun ini.

“Penambahan itu guna menjamin ketersediaan daging agar bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Klaten menjelang Lebaran nanti,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dispertan Klaten, Tri Yanto saat ditemui wartawan, Selasa (9/8).

Ia menerangkan, jumlah pemotongan hewan daging sapi di Klaten perhari mampu menghasilkan 13 kwintal daging sapi. Masing-masing RPH Kecamatan Pedan 5 ekor sapi yang menghasilkan 5 kwintal daging. Sedangkan penyembelihan sapi di RPH Bendogantungan, Klaten Kota perhari mencapai 8 ekor sapi yang menghasilkan 8 kwintal daging.

Dispertan sendiri akan meningkatkan jumlah itu saat memasuki minggu ketiga Ramadhan ini. Hal itu mengingat kebutuhan konsumsi masyarakat dipastikan akan meningkat. “Selain itu, kami juga akan melakukan pengecekan kualitas daging di sejumlah pasar tradisional di Klaten,” ujar Tri Yanto. Pengecekan itu dilakukan guna menanggulangi kemungkinan beredarnya daging gelonggongan di pasaran.

Terpisah, Ka­si Ke­se­ha­an He­wan dan Bagian Ke­se­hat­an Ma­sya­ra­kat Ve­te­ri­ner Bi­dang Peternakan Dis­per­tan Klaten, Awik Pur­wan­ti, mengatakan akan melakukan pengawasan terhadap peredaran daging menjelang Lebaran. “Masyarakat harus lebih hati-hati. Lebih baik memilih daging berkualitas bagus walau harga lumayan mahal daripada membeli daging murah namun tak layak konsumsi,” katanya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge