0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PDAU Klaten Ajukan Modal Rp 500 Juta

Klaten – Guna memperbaiki kondisi perusahaan, Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Klaten mulai mengajukan tambahan modal kepada Pemkab setempat melalui APBD Perubahan sebesar Rp 500 juta.

“Kondisi PDAU saat ini memang membutuhkan suntikan dana segar untuk memperbaiki perusahaan. Karena saat ini masih terdapat piutang yang belum tertagih di rekanan hingga ratusan juta,” ujar Pembina PDAU Klaten, Sri Sumanto, Jumat (5/8).

Ia mengatakan, proses pengajuan tersebut masih dibahas dalam tim anggaran. Namun demikian pihaknya berharap pengajuan yang disampaikan PDAU dapat disetujui. “Jika tidak ada tambahan dana, maka PDAU akan sulit untuk kembali bangkit,” imbuh Sri Sumanto.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Klaten, Andy Purnomo menerangkan, secara resmi memang belum ada pembahasan tentang rencana pengajuan tambahan modal yang diminta PDAU tersebut. “Kami belum tahu apakah usulan ini disetujui atau tidak. Sebab, saat ini masih dalam proses di tim anggaran eksekutif,” ujarnya.

Menurut Andi, direksi PDAU memiliki berbagai alasan tentang pengajuan tambahan modal tersebut. Diantaranya saat ini PDAU sudah kehabisan uang untuk memberi pesangon kepada pegawai yang memasuki masa pensiun. “Tidak hanya itu PDAU juga tidak memiliki cadangan dana yang akan dibayarkan untuk tunjangan hari raya (THR) nanti,” ungkapnya.

Namun demikian, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat terhadap kinerja direksi PDAU yang baru. Sebab, dia tidak ingin kesalahan dalam mengelola perusahaan kembali terjadi pada manajemen yang baru tersebut.

“Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya PDAU terus mengalami kerugian saat ditambahi modal. Bahkan selama tiga tahun berturut-turut kerugian selalu terjadi,” ungkap Andi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge