0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

12 Perlintasan KA di Klaten Tak Berpalang Pintu

Mudik, Mbah Ruwet Wajib Diwaspadai

Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mewaspadai jalur mudik yang melewati lintasan kereta api (KA) di wilayah ini. Namun dari sebanyak 28 perlintasan jalur kereta api resmi, 12 di antaranya tak berpalang pintu.

“Memang yang sudah berpalang pintu baru ada 16 titik. Sedangkan 12 lainya belum berpalang pintu. Titik rawan yang paling sering terjadi kecelakaan di antaranya perlintasan Mbah Ruwet, Ketandan, Sendangan, Mrisen, Bakung, Taji, Karang, dan Dukuh Boto,” papar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Jaka Sawaldi, Jumat (5/8).

Selain itu, kata Jaka, masih banyak perlintasan-perlintasan kecil yang hanya bisa dilewati pejalan kaki dan sepeda motor dan sebenarnya bukan merupakan perlintasan sebidang yang resmi. “Kebanyakan perlintasan kecil itu dibuat oleh masyarakat, sehingga untuk mengidentifikasinya cukup sulit karena tersebar di banyak tempat,” bebernya.

Jaka menjelaskan, mengenai pengamanan saat memasuki arus mudik Lebaran nanti pihaknya akan menyerahkan kepada Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol dan Linmas) Klaten.

Terpisah, Kepala Bakesbangpol dan Linmas Sri Winoto mengatakan pada arus Lebaran tahun ini pihaknya belum tentu menerjunkan tim penjaga perlintasan sebidang jalur kereta api.

“Hingga saat ini anggaran untuk membayar para petugas perlindungan masyarakat (Linmas) yang ditugaskan menjaga palang pintu kereta api belum ada, sehingga kami belum bisa memastikan apakah nantinya petugas akan dikerahkan atau tidak,” katanya.

Sri Winoto menerangkan, tahun lalu pihaknya mengerahkan petugas Linmas yang diambil dari kelurahan ataupun desa karena anggaran untuk membayar mereka tersedia. “Anggarannya memang tak banyak, sekitar Rp 15 juta, tetapi sangat berguna untuk membantu pengamanan perlintasan sebidang jalur kereta api yang belum berpalang pintu saat jumlah kendaraan mengalami lonjakan pada arus Lebaran,” tambahnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge