0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Klaten Siapkan Jalur Alternatif Mudik

Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah menyiapkan jalur alternatif untuk arus mudik Lebaran tahun ini. Upaya itu guna mengurangi potensi kemacetan diberbagai titik saat lonjakan arus mudik.

“Jalur alternatif itu diantaranya, Klaten, Jatinom, Kabupaten Boyolali jika menuju ke Semarang, begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk perjalanan dari Solo menuju Gunungkidul dan Yogyakarta bisa ditempuh melalui Kecamatan Pedan, Cawas,” papar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Klaten, Jaka Sawaldi, Jumat (5/8).

Jaka menambahkan, pihaknya juga menyiapkan jalur alternatif untuk perjalanan dari Yogyakarta menuju Semarang melalui Kabupaten Klaten dan Boyolali. Jalur tersebut melewati Prambanan, Manisrenggo, Karangnongko, Jatinom, Tulung, dan masuk Boyolali. Sedangkan jalur dari Yogyakarta menuju ke Kabupaten Sukoharjo bisa melalui Tegal Mas, Srowot, Wedi atau Tegal Mas, Srowot, Gantiwarno.

“Khusus untuk jalur yang melewati Manisrenggo kami akan koordinasikan dulu dengan DPU karena sebagian jalan di sana rusak akibat sering dilewati truk-truk pengangkut pasir,” kata Jaka.

Terpisah, Kepala DPU Klaten Tajudin Akbar mengatakan pihaknya kini mengebut perbaikan jalan yang akan dilalui sebagai jalur mudik. Pihaknya menargetkan perbaikan akan selesai pada H-7 Lebaran. “Untuk jalur lingkar barat suah siap, namun untuk beberapa jalur lainnya masih dikebut, termasuk perbaikan yang ada di jalur alternatif,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge