0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertunjukkan Wayang oleh Ki Warseno Slank

Ketika Trigangga Rindukan Sosok Ayah

Solo – Rakyat kecil seringkali merasa kehilangan sosok yang mengayomi dan lebih sering merasa tersingkir karena kurangnya perhatian dari birokrat. Perasaan ini seperti tergambar pada tokoh Trigangga dalam lakon wayang kulit Trigangga Takon Bapa yang dibawakan oleh dalang Ki Warseno Slank dalam wayang Jumat Kliwon, di Pendhapa Ageng Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kamis (5/8) malam.

Trigangga sudah kehilangan sosok ayah sejak kecil. Kerinduan pada ayahnya ia tunjukkan dengan berjuang mencari sang bapak ke manapun. Sampai pada suatu ketika ia bertemu dengan pasukan kera dan Punakawan yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk , dan Bagong.

Alangkah terkejutnya Trigangga ketika mengetahui sang ayah adalah Anoman. Ia sangat kecewa ketika mengetahui ksatria sekelas Anoman yang dikenal masyarakat adalah raja yang mulia ternyata melakukan penyimpangan yang bisa saja dianggap aib. Dahulu, Anoman meninggalkan selingkuhannya, Sayemprobo, yang tidak lain adalah ibu dari Trigangga.

“Sosok ayah yang seharusnya mengayomi ternyata malah melakukan perbuatan yang menyimpang dan tidak bertanggung jawab. Masyarakat bisa menilai dan mensinkronkan dengan bagaimana keadaan sekarang ini,” ungkap Ki Warseno Slank sebelum pementasan malam tadi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge