0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kuota Ditambah 2.500 Tabung

Puasa, Permintaan Elpiji di Klaten Meningkat

Klaten – Memasuki bulan Puasa, permintaan isi ulang akan tabung gas elpiji 3 kilogram diperkirakan akan meningkat. Di Kabupaten Klaten, kuota elpiji ditambah hingga 2.580 tabung perhari.

“Kami sebelumnya sudah melobi PT Pertamina agar kuota tabung gas elpiji 3 kg untuk Klaten ditambah. Langkah ini untuk mengantisipasi masuknya tabung gas elpiji 3 kilogram dari luar Klaten,” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Klaten Sri Sumanto, Selasa (2/8).

Dengan penambahan ini, kata Sri Sumanto, rembesan tabung gas yang masuk di wilayah ini mulai berkurang. Saat ini rembesan tabung dari daerah lain tinggal 3000 tabung, padahal sebelumnya mencapai 5000 tabung. “Pengurangan ini tidak lepas dari ditambahnya kuota tabung untuk wilayah Klaten yang setiap harinya mencapai 2.580 tabung,” ujarnya.

Dia menambahkan,sebelumya kuota tabung gas elpiji 3 kilogram di Klaten hanya 15.796 tabung. Penambahan kuota dilakukan dua tahap, untuk tahap pertama 1.080 tabung sedangkan yang kedua 1.500 tabung. Meski dalam kenyataan di lapangan tambahan kuota masih belum mencukupi permintaan yang mencapai 20 ribu perhari.

“Tapi dengan ditambahnya kuota paling tidak dapat mengatasi adanya rembesan tabung dari luar Klaten. Karena jika masih terjadi distribusi dari luar daerah maka akan mengancam persaingan pasar yang tidak sehat. Setiap pangkalan akan menjual harga yang berbeda dan dapat melanggar harge eceran tertinggi (HET),” imbuh Sri Sumanto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge