0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Penambahan Kuota Aksel 3 SD di Solo Ditolerir

- Timlo.net
dok.timlo.net/marhaendra

dok.timlo.net/marhaendra

Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo

Solo – Penambahan kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) program akselerasi (Aksel) bagi tiga SD di Kota Solo masih ditolerir Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) setempat.

“Ketiga sekolah dasar (SD) penyelenggara program akselerasi. yakni SDN Cemara Dua Solo, SDN Mangkubumen 15, dan SDN Mangkubumen 16,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar SD Dinas Dikpora Solo, Wahyono kepada wartawan, di Solo, Jumat (28/6).

Namun, kata Wahyono, toleransi tambahan kuota PPDB untuk SD penyelenggara program akselerasi maksimal 20 siswa per rombongan belajar (Rombel). Adapun prosesnya mesti mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada Dinas Dikpora. Karena jika sekolah tidak melapor dan mengajukan permohonan ke Dinas Dikpora.

Lebih lanjut dikatakan, toleransi penambahan kuota PPDB untuk sekolah penyelenggara program akselerasi lantaran di tengah berjalannya pembelajaran akan dilakukan seleksi program akselerasi. Sehingga penambahan kuota yang dilakukan di PPDB guna mengantisipasi kursi kosong kelas reguler ketika siswa yang bersangkutan lolos seleksi program akselerasi dan masuk di kelas akselerasi.

Terpisah, Kepala SDN Mangkubumen 16, Surati mengemukakan, pihaknya akan melakukan seleksi program akselerasi ketika kenaikan siswa dari kelas III ke kelas IV. Sejak tahun 2005, SDN Mangkubumen 16 telah membuka program akselerasi dengan kuota satu rombel.

Ia menjelaskan, seleksi program akselerasi diikuti oleh seluruh siswa. Seleksi program akselerasi di antaranya meliputi tes psikologis berupa tes IQ (intelligence quotient) dan tes akademik. Peserta didik yang lolos tes psikologis adalah mereka yang memiliki kemampuan intelektual umum dengan kategori jenius (IQ ≥ 140) atau mereka yang memilikikemampuan intelektual umum dengan kategori cerdas (IQ ≥ 125) yang ditunjang oleh kreativitas dan keterikatan terhadap tugas dalam kategori di atas rata-rata. Untuk tes akademik, sekurang-kurangnya nilai untuk mata pelajaran (Mapel) IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia yakni 8. (*)

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS