0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rizki Mulyo Juarai Festival Dalang Remaja 2013

Rizki Mulyo Widodo, juara Festival Dalang Remaja 2013 (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Rizki Mulyo Widodo dalang remaja asal Tegal, Jawa Tengah berhasil menyabet tiga kategori dari enam kategori penilaian lomba Festival Dalang Remaja 2013 yang diadakan di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kentingan, Jebres, Solo, Selasa (28/5). Kategori tersebut meliputi, garap alur cerita (lakon) terbaik, garap karawitan terbaik, garap suluk dan dodogan terbaik.

Sementara untuk kategori yang lain diraih Waluyo Wiharyadi (Banjarnegara) untuk kategori garap bahasa dan sastra terbaik. Sedangkan Danung Sadana (Sukoharjo) dua kategori yakni garap sabet terbaik dan penampilan terbaik di Festival Dalang Remaja 2013.

Dalang muda Rizki Mulyo yang membawakan lakon Gondomono Tundung tersebut tidak menyangka akan memperoleh tiga kategori juara sekaligus. Menurutnya, dirinya hanya ingin berpartisipasi sebagai seorang pelestari budaya agar wayang kulit tidak musnah tanpa ada regenerasi.

“Pengennya melestarikan budaya wayang. Tapi ternyata kok malah menang. Ya, saya sangat bersyukur,” ucap remaja kelahiran tahun 13 Januari 1995.

Salah seorang juri sekaligus dalang kondang, Ki Manteb Sudarsono mengakui hampir semua peserta dalang remaja sudah cukup matang. Dirinya melihat kualitas peserta yang ditunjukan juga semakin berkualitas dari tahun ke tahun.

“Saya akui memang fenomena dalang Remaja tumbuh subur di Jawa Tengah, hanya saja kurangnya orang yang mau menangaplah yang menjadi permasalahan. Melihat hal ini pemerintah juga tak boleh tinggal diam, jangan sampai festival-festival seperti ini hanya kegiatan tahunan saja,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Serketaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono mengaku siap memfasilitasi segala kegiatan yang mencakup tentang budaya, hal ini dirinya lakukan agar budaya di negara sendiri tak kalah dengan gempuran budaya asing yang masuk ke Indonesia.

“Kegiatan seperti ini kan juga membentengi generasi muda agar tidak terkena pengaruh negatif dari gempuran jaman,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge