0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

RRI Gelar Lomba Karawitan Gending Dolanan

- Timlo.net
dok.timlo.net/aris arianto

dok.timlo.net/aris arianto

Festival Karawitan Pelajar se-Wonogiri

Solo – Radio Republik Indonesia (RRI) bekerjasama dengan Institut Seni (ISI) Surakarta bakal menggelar Lomba Karawitan Gending-gending Dolanan 2013. Acara yang digagas sebagai wujud pelestarian budaya dan kesenian daerah tersebut bertujuan untuk membangun karakter bangsa. Disamping itu juga sebagai edukasi kepada generasi penerus bangsa, bahwa bangsa Indonesia memiliki kekayaan budayaan.

Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha LPP RRI, Hasto Kuncoro mengatakan digelarnya acara tersebut berangkat dari kegelisahan makin tergerusnya kebudayaan asli bangsa dengan hadirnya pengaruh budaya asing. Sehingga melalui gelaran ini pihaknya dapat memberikan kontribusi akan pelestarian budaya.

“Generasi penerus bangsa telah terjajah dengan kebudayaan asing yang datang ke negeri ini. Maka kita yang sadar akan kebudayaan dan kesenian menggagas terselenggaranya acara ini,” ucapnya dalam jumpa pers, Kamis (23/5) siang.

Lebih lanjut dijelaskannya, lomba yang akan digelar tersebut juga akan menghadirkan peserta dari luar negeri yang menimba ilmu di ISI Solo. Mereka ikut memeriahkan acara tersebut dan telah belajar kebudayaan dan kesenian karawitan di Kampus ISI Solo.

“Kita harusnya bangga, bahwa kebudayaan dan kesenian kita diapresiasi oleh negara asing. Kenapa malah kita yang kaya akan budaya ini justru tidak ingin mempelajarinya,” paparnya.

Sementara itu Kepala LPP RRI Surakarta, Drs H Santoso MM mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 43 peserta yang mendaftar. Bahkan, ada peserta yang berasal dari luar Jawa. Dirinya berharap melalui acara ini dapat membentengi generasi muda khususnya anak-anak terhadap pengaruh budaya yang datang dari luar negeri yang tidak sesuai dengan nilai budaya bangsa.

“Semoga dengan digelarnya acara ini, generasi penerus bangsa, khususnya anak-anak mencintai budaya dan kesenian negerinya,” tendasnya.

Acara tersebut juga menghadirkan bintang tamu seniman kondang yakni Kirun dan Yati Pesek. Selain itu pemenang juga akan mendapatkan hadiah sebagai apresiasi telah melestarikan budaya bangsa. Rencananya lomba itu akan digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 19 hingga 21 Juni 2013.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS