0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Mencicipi Bakso Ikan Waduk Gajah Mungkur

- Timlo.net
1 Bakso Ikan

Usaha bakso berbahan baku ikan hasil tangkapan di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Wonogiri  РSelain pariwisata, olahraga dan hiburan, ekonomi merupakan salah satu sektor yang berkembang di kawasan aduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. Meski sudah dikelola, sektor ekonomi masih memiliki peluang untuk terus dieksplor agar lebih mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Dari sektor itu pula, perikanan menjadi yang paling dominan. Ini bisa dimengerti mengingat keunggulan WGM berada pada melimpahnya ikan di situ. Sebut saja, nila, patin, betutu, ataupun mujahir. Malah, WGM adalah satu-satunya lokasi air tawar di Indonesia dimana ikan nila mampu berkembangbiak.

“Mengingat potensi perikanan yang sedemikian besar di WGM, kami mengharapkan ada kreativitas dari masyarakat untuk mengembangkannya. Jadi, hasil tangkapan ikannya bisa diolah menjadi beragam sajian kuliner. Sehingga, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Wonogiri, Rully Pramono Retno, di ruangannya, Rabu (22/5).

Memang, menurut Rully, saat ini ada sebagian warga mulai mengembangkan olahan dari hasil tangkapan ikan di WGM. Namun, dirinya merasa masih terlalu sedikit.

“Ada yang membuat nugget, bakso, keripik atau siomay dari ikan. Mereka yang mempunyai bisnis itu patut kita apresiasi, sebab membuktikan kalau mereka kreatif. Nah, kami himbau anggota masyarakat lainnya juga mengikuti jejak mereka,” pintanya.

Harjono (42), pemilik usaha bakso ikan, menjelaskan, ia tertarik berwiraswasta berbahan dasar ikan. Pasalnya, dia melihat WGM sangat melimpah dalam ketersediaan ikan. Dia mengaku meski tidak sepopuler bakso daging sapi, Harjono tetap bersikukuh mempertahankan usahanya. Disamping itu dari sisi peluang pasar masih terbuka lebar.

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS