0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Terinspirasi Batu Night Malang, Balekambang akan Lengkapi Taman Lampion

- Timlo.net
dok.timlo.net/achmad khalik

dok.timlo.net/achmad khalik

Kolam Partinah di Kawasan Wisata Taman Balekambang

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pada pertengahan tahun ini akan membuat taman lampion di sekitar Kawasan Wisata Taman Balekambang. Hal itu bertujuan, untuk lebih membuat indah taman tersebut. Selain itu, juga untuk mengakomodir kepentingan masyarakat khususnya kalangan keluarga untuk menikmati Taman Balekambang pada malam hari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Widdi Srihato, mengatakan, ide awal rencana pembuatan taman lampion tersebut berawal dari hasil kunjungannya di Batu Malang yang memiliki taman wisata keluarga dan beroperasi pada malam hari, Batu Night Spectacular (BNS).

“Konsepnya, adalah merupakan sebuah taman yang hanya beroperasi pada malam hari. Itu hampir mirip dengan ruang terbuka hijau yang ada di Malang. Jadi, nanti dipasangi puluhan lampu lampion di langit-langit bangunan,” ujarnya, Rabu (8/5).

Dikatakannya, jika melihat hasil kajian itu maka kemungkinan besar taman lampion dapat dibangun di Kota Solo. Pihaknya mengklaim telah menyiapkan alokasi dana sebesar Rp 1 miliar yang berasal dari APBD Kota Solo untuk realisasi taman lampion. Saat ini, pihaknya mulai mengkaji pemanfaatan ruang hijau terbuka di Kota Solo.

“Alternatif pertama kita untuk merealisasikan pembuatan taman lampion, salah satunya berlokasi di Taman Balekambang yang memiliki sisa luas lahan sekitar 400 meter persegi. Kemudian, alternatif kedua bisa menempati lahan di dalam Taman Sriwedari,” ungkapnya.

Menurut dia, pola pembangunan taman lampion ke depan bisa meniru corak bangunan benteng kerajaan di masa lampau. Setelah itu, di dalamnya akan ada pula berbagai jenis atraksi kebudayaan tradisional Jawa.

“Untuk mendukung eksotisme nuansanya akan dibangun beberapa miniatur beteng dan puri berukuran sedang,” katanya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS