0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Jadi Berapa Harga BBM Nanti? Hatta: Di Bawah Rp 6.000

dok.merdeka.com

dok.merdeka.com

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa

Timlo.net – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyebut kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi tidak akan melebihi Rp 6.000 per liter. Hal ini diambil dalam rangka menjaga fiskal atau keuangan negara tetap sehat. Walaupun demikian, Hatta enggan menyebut kapan kenaikan BBM akan direalisasikan.

“Belum sampai ke situ perkiraan saya di bawah Rp 6.000. Tentu ada inflasi, sekarang ini kita kendalikan dulu inflasi pangan, hortikultura jangan melonjak,” ucap Hatta di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4).

Kenaikan harga BBM ini akan diimbangi pemerintah dengan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat miskin yang terkena dampak kenaikan. Bantuan langsung ini disebut berupa dana beasiswa tunai, beras miskin (Raskin) serta bantuan langsung lainnya. Hatta yang juga Plt Menteri Keuangan juga belum merinci berapa bantuan yang akan diterima masyarakat.

“Pertama presiden akan konsultasi dengan pimpinan DPR. Sekitar tanggal 6 untuk membicarakan kompensasi. Setelah itu kita ajukan RAPBN-P 2013. Dari situ nanti dibahas berapa asumsi yang berubah. Di situ kita akan membahas bantuan langsung masyarakat sementara. Masih dihitung, masih kita liat asumsi berapa besar penyesuaian,” jelas Hatta

Bantuan yang akan diterima masyarakat tergantung dari berapa besar penyesuaian atau kenaikan harga BBM bersubsidi nantinya. Hatta menyebut data penerima bantuan ini juga telah diperbaharui dan paling mutakhir.

“Kompensasi jauh lebih baik datanya, survei dan simulasi, tingkat ketepatannya tinggi,” tegasnya. [bmo]

Sumber: merdeka.com

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS