0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Kapan BBM Naik? SBY Beri Sinyal Kemungkinan Juni

Dok.timlo.net/Daryono

Dok.timlo.net/Daryono

Mahasiswa menggelar Aksi Menolak Kenaikan Harga BBM di depan Gedung DPRD Solo, baru-baru ini

Timlo.net – Dalam pidatonya di hadapan para menteri, gubernur, wali kota dan bupati seluruh Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menegaskan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Rencana tersebut bakal direalisasikan usai pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja perubahan (RAPBN-P) 2013.

Presiden SBY mengatakan, kenaikan harga BBM akan direalisasikan jika dana kompensasi ke masyarakat sudah siap. Pertaannya, kapan dana tersebut siap? “Dana kompensasi akan disampaikan dalam RAPBN-P 2013. dan akan segera dibahas pemerintah dan DPR,” jelas SBY saat membuka Musrenbangnas di Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4).

SBY pun meminta agar pembahasan RAPBN-P 2013 bisa tuntas dalam waktu satu bulan. Pemerintah dan DPR mulai membahas RAPBN terhitung mulai 1 Mei. Jika pembahasan RAPBN-P 2013 tuntas bulan Mei, maka Presiden secara tidak langsung memberi sinyal kenaikan BBM pada Juni 2013.

“Saya ingin bulan Mei selesai pembahasan APBN-P. Saya sungguh berharap DPR dan pemerintah. Jika DPR sepakat, Insya Allah selesai Mei, dana kompensasi sudah siap. Maka tentu kenaikan harga BBM langsung kita berlakukan,” tegasnya.

Kepala negara juga sempat mengatakan ada kritikan yang dialamatkan ke pemerintah mengenai keterlambatan menaikkan harga BBM. SBY beralibi bahwa pemerintah hanya memilih opsi menaikkan harga BBM sebagai jalan terakhir. SBY meminta anak buahnya untuk memberi penjelasan kepada masyarakat.

“Jika tak ada opsi lain karena pasti ada dampaknya. Secara ekonomi dan sosial, serta keamanan. Dengan penjelasan ini, para menteri akan sungguh memahami dan bisa jelaskan ke masyarakat,” katanya.



Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS