0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Desak Pelantikan Sekdes Gadung, Pemkab: Bola Panas di Kades

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Ronny Roekminto (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Surat Kepala Desa (Kades) Gadungan mengenai kesepakatan warga untuk melakukan seleksi ulang formasi Sekretaris Desa (Sekdes) ditolak Pemkab Klaten. Pasalnya, kesepakatan tersebut¬† bertentangan dengan Peraturan Bupati (Perbup) Klaten Nomor 6 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

“Awalnya dari Kades Gadungan mengirimkan surat kepada Bupati (Sri Mulyani). Dan bupati sudah memberikan jawaban, intinya untuk melantik yang memperoleh suara tertinggi,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Ronny Roekminto, Rabu (11/7).

Dia tidak mengelak, proses memutuskan tetap melantik calon Sekdes peringkat pertama bernama Rivandia Yuda P cukup alot dan memakan waktu cukup lama sejak pertemuan dirinya dengan warga di GOR Desa Gadungan, Minggu (13/5) lalu. Namun keputusan bupati tetap berdasarkan Perbup Klaten Nomor 6 tahun 2018.

“Kita sudah mempertimbangkan berbagai hal dan beberapa alternatif kepada bupati untuk menjawab surat kesepakatan warga tersebut. Tetapi keputusannya tetap sesuai Perbup, yakni melantik calon Sekdes yang memperoleh nilai tertinggi,” beber Ronny.

Ditambahkan, surat pengunduran diri calon Sekdes Gadungan peringkat pertama telah dicabut. Sehingga tidak alasan bagi Kades Gadungan untuk menunda pelantikan Rivandia Yuda P. Pasalnya, seleksi perangkat desa secara serentak di 391 desa di Klaten hanya di Desa Gadungan yang belum dilakukan pelantikan.

“Silakan saja segera dilantik. Sekarang bola panas ada di tangan Pak Kepala Desa Gadungan,” imbuh Ronny.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge