0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hutan Pinus Gunung Lawu Terbakar, Ratusan Pendaki Dievakuasi

Gunung Lawu terlihat dari Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. (foto:Raymond) ()

Karanganyar – Relawan Candi Ceto (Reco) yang bertugas di posko pendakian Lawu menjemput turun ratusan pendaki untuk mengantisipasi dampak kebakaran di hutan pinus wilayah Argo Tiling petak 63 RPH Nglerak BKPH Lawu Utara. Kebakaran yang terdeteksi sejak Selasa (19/6) sore terus meluas di area tersebut.

“Sekarang relawan dari Reco (relawan Candi Ceto) sedang naik semua. Mereka menjemput pendaki yang cedera di pos 3 dan 4 sekaligus mengimbau seluruhnya supaya turun. Mengantisipasi dampak kebakaran di Argo Tiling,” kata salah seorang relawan Reco, Anggoro, Selasa malam.

Berbekal komunikasi radio frekuensi dua arah, posko reco menginformasikan ke pendaki pengguna handie talkie terkait kebakaran di hutan pinus. Tujuannya agar pendaki itu ikut mengajak rekan-rekannya berbalik arah.

“Dengan cuaca yang tidak bisa diprediksi di puncak Lawu, lebih baik cari aman dengan turun ke posko bawah,” katanya.

Operasi penjemputan pendaki dipusatkan di posko Candi Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi karena titik api berada di jalur pendakian yang masuk wilayah kecamatan itu. Ia memperkirakan jumlah pendaki yang dijemput turun ke posko Ceto mencapai ratusan orang.

“Yang naik kemarin (Senin) saja belum semuanya turun. Ditambah yang tercatat naik hari ini (Selasa) 300 orang kurang sedikit. Jumlah ini termasuk banyak karena bertepatan libur lebaran,” katanya.

Sementara itu Ketua Anak Gunung Lawu (AGL), Rusdiyanto mengatakan seluruh jalur pendakian ke puncak Lawu ditutup sampai waktu yang belum dipastikan.

“Kami terus memantau perkembangan rekan relawan Reco. Belum bisa memastikan apakah diperlukan penjemputan pendaki via Cemoro Kandang. Namun kami siap jika sewaktu-waktu membantu,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge