0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bulan Baru Tertutup Awan

Meneropong hilal di Bukit Sukuh, Ngargoyoso. (foto:ist) ()

Karanganyar – Pengamatan hilal atau bulan baru pada penanggalan hijriyah di Bukit Sukuh, Ngargoyoso gagal karena faktor alam, Kamis (14/6).

“Pengamatan dilakukan sejak pukul 17.30 hingga 17.55 WIB. Dalam pengamatan tersebut menggunakan tiga buah alat yakni teleskop manual, teodolit dan digital robotik teleskop. Namun hingga batas waktu tersebut belum membuahkan hasil,” kata Kepala Kantor Kemenag Karanganyar, Mustain Ahmad di Bukit Sukuh.

Sejumlah ahli di bidang astronomi yang turut hadir belum dapat melihat hilal hingga prediksi batas waktu penampakan bulan sabit muda pertama. Faktor awan atau kabut yang menyelimuti angkasa di kawasan bukit sukuh menjadi kendala terlihatnya hilal.

“Kita tidak menyerah untuk itu dan akan berusaha, Insyaallah, ada kesempatan menemukan hilal di tempat ini,” kata Mustain Ahmad.

Hilal tak terlihat di bukit Sukuh tak menghalangi penentuan 1 Syawal. Sebab, itu merupakan salah satu lokasi alternatif pengamatan di Jawa Tengah.

“Di Jawa Tengah terdapat beberapa lokasi pemantauan hilal. Antara lain di observatorium Ponpes Assalaam, Menara Masjid Agung Semarang dan Masjid Raya Kudus. Meski sore ini tidak melihatnya di Sukuh,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge